KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Cara Membersihkan Mobil dari Debu Vulkanik |

 
link.png Cara Membersihkan Mobil dari Debu Vulkanik

Pasca meletusnya Gunung Sinabung atau Gunung Kelud, banyak abu vulkanik yang bertebaran dijalan – jalan, sehingga sulit untuk mobil tidak tertempel oleh abu vulkanik tersebut. Pembersihan untuk mobil tidak hanya dengan mencucinya saja, namun juga komponen – komponen dalam mesin tersebut perlu diperhatikan, karena abu vulkanik bersifat merusak dan memicu korosi dari adanya kandungan asam sulfat yang dimiliki, debu vulkanik juga memiliki bentuk yang halus namun sangat runcing yang tidak hanya membahayakan bagi manusia, tapi juga mobil.
Berikut adalah bagian mobil yang perlu di cek dan dibersihkan.
  1. Bersihkan Bodi Mobil
Bodi mobil sudah tentu merupakan bagian wajib yang pertama kali harus dibersihkan. Mencuci mobil yang terkena abu vulkanik tidak bisa sembarangan, karena jika tidak hati – hati, bisa malah merusak cat pada bodi mobil tersebut.
  1. Cek Filter Udara Mobil
Filter udara merupakan hal terpenting selanjutnya yang harus dibersihkan, karena kemungkinan besar debu vulkanik akan masuk ke dalam ruang bakar yang akan mempercepat kerusakan silinder. Periksalah filter udara secara berkala untuk kebersihannya, jika sudah parah sebaiknya langsung diganti saja dengan yang baru.
  1. Periksa Radiator, Concensor AC dan Steam Mobil
Bersihkan radiator, concensor AC dan steam mobil. Debu vulkanik yang bersifat asam, sangat berpotensi mempercepat korosi, apalagi jika tercampur dengan air dan mengenai bagian mobil yang berbahan logam, kemungkinan akan cepat rusak.
  1. Bersihkan bagian Rem Mobil
Periksa kembali kondisi rem mobil setelah dibersihkan. Bagian kaki – kaki mobil juga penting untuk dibersihkan karena kerap terjadi kontak langsung dengan debu vulkanik.
  1. Bersihkan karet wiper
Karet Wiper ini perlu untuk dibersihkan karena biasanya menjadi tempat endapat dari debu vulkanik, jadi jika tidak dibersihkan kemungkinan ketika wiper dinyalakan akan membuat kaca jadi terbaret oleh debu vulkanik.
  1. Bersihkan Kabin Mobil
Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian kabin yang sulit dijangkau dan sempit juga tersembunyi, karena cukup efektif untuk membersihkan debu vulkanik dengan menggunakan vacumm cleaner.
 
So, meskipun bencana alam tidak dapat kita hindari, setidaknya kita bisa tetap menjaga agar kendaraan kita tidak menjadi cepat rusak karena dampak bencana alam tersebut.