KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Ternyata Musik Banyak Manfaat Untuk Anak |

 
link.png Ternyata Musik Banyak Manfaat Untuk Anak

Musik ini ternyata ada manfaatnya lho. Musik mencerdaskan anak, banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik yang tepat bisa membuat otak anak menjadi semakin aktif dan juga mencerdaskan. Berikut beberapa fakta dari musik dan hubungannya dengan anak.
  • Setiap anak sudah terlahir dengan naluri musiknya masing – masing
Banyak orang tua yang sudah mengenalkan musik semenjak dari kandungan. Dari usia 4 bulan, janin dalam kandungan sudah mampu untuk mendengarkan musik dan pada bulan ke – 7, organ pendengaran dari bayi dalam kandungan sudah berkembang dan mulai mengenali berbagai suara, termasuk yang didengarnya dari luar tubuh ibu.
  • Guru musik pertama anak adalah Ibu
Banyak orang tua yang khawatir karena tidak berbakat dalam bermusik, sehingga tidak bisa mengajarkan musik pada anak. Namun hal itu bisa di atasi, hanya dnegan bersenandung lembut saat membuat anak atau lagu riang yang dinyanyikan saat bermain dengan anak, akan membantu mengasah kemampuan naluri musik pada anak.
  • Musik baik untuk otak anak semenjak dari kandungan
Ketika dalam masa kandungan, musik dapat membantu sel – sel saraf otak untuk membentuk berbagai koneksi yang bisa membantu anak untuk memahami bahasa. Musik juga menyeimbangkan kedua belahan otak, jadi antara otak kiri dan otak kanannya menjadi seimbang.
  • Dengan musik anak bisa menjadi lebih peka
Musik juga ternyata berguna untuk menunjang anak lebih mengenali emosi. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa anak dari berbagai usia bahkan yang tidak berlatar belakang musik, dapat mampu mengenali ‘emosi’ yang terkandung dalam musik tersebut. Jadi dengan musik pun, dapat membantu anak dalam berkehidupan sosial.
  • Pendidikan musik bisa diberikan dari usia balita
Banyak orang tua yang bingung akan memberikan pendidikan musik sejak kapan. Ada penelitian yang membuktikan bahwa pada usia tiga tahun pun anak sudah bisa diikutkan dalam kelas belajar musik, dalam tahap pengenalan. Pada usia tersebut pula, kemampuan pendengaran anak bisa berkembang dengan pesat dan pengalaman bermusik akan diingat sebagai kenangan yang menyenangkan, kepekaan dalam beragam nada dan suara pun bisa terasah.