KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

4 Peluang Wakil Asia di Piala Dunia 2014 |

 
link.png 4 Peluang Wakil Asia di Piala Dunia 2014

Namun berbicara juara sudah pasti akan berbicara peluang. Lalu bagaimanakah peluang mereka di Brasil kali ini? Berikut peluang empat negara wakil Asia di Piala Dunia
 
1. Australia
Australia adalah negara kedua yang lolos ke Brazil setelah negara Asia lainnya Jepang sudah terlebih dahulu. Menang melawan Irak dipertandingan penyisihan grup B zona Asia membuat negeri kanguru ini harus bergabung dengan dua raksasa Eropa Spanyol dan Belanda serta Chile di grup B dalam penyisihan Piala Dunia 2014 Brazil. Dengan demikian peluang Australia di Piala Dunia cukup berat.

Selain bersama Spanyol dan Belanda yang merupakan finalis Piala Dunia edisi lalu, Australia juga akan bertemu dengan Chile yang merupakan salah satu tim kuat dari Amerika Latin. Chile juga memiliki beberapa pemain luar biasa yang bermain di Eropa, seperti Arturo Vidal atau Alexis Sanchez. 

Kemudian kalau pun The Socceroos menjadi runner up grup, Australia kemungkinan akan bertemu Brasil di babak 16 besar yangg juga berkemungkinan akan menjuarai grup A. Kendati demikian tentu Australia akan tetap bermain penuh determinasi, mengingat Australia ketika itu mampu lolos sampai perempat final di Piala Dunia 2016.

     
2. Korea Selatan
Lolos dengan sedikit keberuntungan karena hanya unggul selisih gol dari Uzbekistan membuat Korea Selatan harus berbenah lebih ekstra. Sebabnya, pelatih yang membawa mereka lolos ke Brasil, Choi Kang-Hee malah mengundurkan diri beberapa hari setelah mereka lolos. Kemudian federasi sepak bola Korea Selatan menunjuk mantan pemain timnas Korsel era 90-2000 yaitu Hong Myung-Bo sebagai pengganti. Tentu bukan pekerjaan mudah baginya, ia harus membuat adaptasi yang cepat antara dirinya dan juga pemainnya.

Hoong Myung-Boo pernah menjadi asisten sang pelatih Dick Advocaat dan menjadi bagian di Piala Dunia 2006. Selanjutnya ia menjadi asisten Pim Verbeek dalam ajang piala Asia 2007, lalu menjadi asisten Guus Hiddink saat menangani Anzhi Makhachkala.

Tim negeri Ginseng masih mempunyai kesempatan lolos dari fase grup dikarenakan negara lainnya seperti Belgia, Aljazair, dan Rusia adalah tim yang masih seimbang. Walaupun demikian peluang Korsel di Piala Dunia bisa dikatakan sangat berat, karena mereka harus menghadapi Jerman atau Portugal sebagai wakil Grup G apabila mereka mampu lolos ke 16 besar.


3. Jepang
Jepang adalah negara Asia pertama yang lolos ke putaran Final 2014 di Brazil sekaligus lolos ke lima kalinya secara beruntun sejak 1998. Negeri yang berjuluk matahari terbit ini lolos dengan mengalahkan lawan berat lainnya di Asia yaitu Australia di putaran terakhir dengan skor tipis 1-0. Jepang datang dengan di bawah asuhan pria kelahiran 1953 asal Italia, Alberto Zaccheroni, Jepang langsung memukai dengan menjuarai Piala Asia 2011.

Peserta di Grup C adalah Kolombia, Yunani, Pantai Gading, dan Jepang. Semua peserta memiliki peluang yang sama besarnya untuk lolos ke babak 16 besar termasuk Jepang. Namun apabila Jepang lolos, mereka akan menghadapi wakil Grup D antara Italia, Inggris, atau Uruguay yang juga memiliki peluang besar untuk melaju ke putaran selanjutnya.

Jepang memiliki beberapa pemain andalan yang bermain bersama tim raksasa Inggris, Manchester United, Shinji Kagawa. Selain itu juga ada Keisuke Honda yang kini membela AC Milan. Keduanya akan menjadi andalan untuk menggedor pertahanan lawan di bawah allenatore Alberto Zaccheroni.
 
 
4. Iran
Bermodal menjadi juara dua kali Piala Asia dirasa belumlah cukup untuk membuat Iran menjadi salah satu yang terbaik di Brasil. Mereka harus berusaha lebih kalau tidak mau angkat koper lebih dulu di Grup F. Iran harus bergabung dengan Argentina, Nigeria, dan negara debutan, Bosnia Herzegovina. Di sisi lain Iran cukup beruntung dilatih oleh pelatih ternama, Carlos Queroz. 

Menjadi pelatih Iran adalah kesempatan emas bagi reputasi kepelatihanya. Pasalnya beberapa kali ia gagal dalam melatih tim Real Madrid dan timnas Portugal pada 1991-1993 dan 2008-2010. Ia pun pernah menjadi asissten Sir Alex Ferguson di tahun 2002-2003 dan 2004-2008. Misinya kali ini adalah meloloskan Iran ke babak 16 besar, bukan pekerjaan mudah memang.

Bila berhasil meloloskan tim Melli, julukan tim nasional Iran, Javad Nekounam dkk kemungkinan akan bertemu dari salah wakil Grup E antara Swiss, Ekuador atau Honduras. Prancis diprediksi akan menjadi juara grup tersebut. Javad Nekounam pernah mencicipi kompetisi liga spanyol selama 6 musim bersama Osasuna ini sudah mencetak gol 37 gol bersama negaranya.