KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Berwisata ke Pulau Terpadat di Indonesia |

 
link.png Berwisata ke Pulau Terpadat di Indonesia

Pulau Bungin terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa atau sekitar 70 kilometer dari Sumbawa Besar, ibu kota Kabupaten Sumbawa. Transportasi ke Pulau Bungin bisa ditempuh dalam waktu sekitar enam sampai delapan jam perjalanan menggunakan kendaraan termasuk kapal penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur ke Poto Tano, Sumbawa.

Pulau buatan tersebut kini dilengkapi jalan lingkar yang mengelilingi pulau seluas tujuh hektar itu. Pada awalnya transportasi ke Pulau Bungin hanya menggunakan perahu motor dan jembatan kayu. Tetapi beberapa tahun lalu dibangun jalan sehingga kendaraan roda dua ataupun roda empat dapat masuk ke pulau tersebut

Pulau Bungin dijuluki "pulau terpadat di dunia" karena luasnya hanya tujuh hektar, tetapi dihuni oleh 708 kepala keluarga (KK) atau 3.045 jiwa dengan kepadatan penduduk empat orang setiap 100 meter persegi.

Namun di Pulau Bungin kualitas hidupnya sangat rendah. Karena disana mudah terjangkit beragam penyakit. Salah satunya penyakit malaria yang belum lama ini pernah berjangkit di pulau tersebut. Beberapa tahun lalu sedikitnya delapan warga Pulau Bungin meninggal akibat malaria dan 300 orang lainnya terpaksa dirawat di puskesmas dan rumah sakit terdekat.

Selain kepadatan nya, ada hal unik lain di pulai ini yang berbeda dengan pulau-pulau lain, Pulau Bungin semakin berkembang karena seorang laki-laki yang telah dewasa dan akan menikah harus terlebih dulu membuat fondasi rumah dari batu karang yang disebut talassaq seluas 6 x 12 meter persegi. Kemudian hal unik lain yang bisa ditemukan di Pulau Bungin adalah kambing bisa makan kertas karena di pulau tersebut tidak ada rumput. Sungguh unik bukan?