KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Eksplorasi Bawah Laut Paling Indah |

 
link.png Eksplorasi Bawah Laut Paling Indah

Raja Ampat atau 'Empat Raja' adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Menurut mitos masyarakat setempat, nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.
 
Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan. Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.
 
Raja Ampat tidak hanya dipuji puji keindahannya dan pesona alamnya oleh pewisata lokal semata. Pewisata yang datang dari mancanegara pun pasti mengakui betapa indahnya Raja Ampat dengan segala yang terdapat di tempat ini selain Wayagnya. Raja Ampat memiliki lautan biru yang jernih dan sangat mempesona, tidak hanya itu, kehidupan laut di dalamnya pun, seperti terumbu karang, berbagai jenis ikan, dan lain sebagainya siap memanjakan mata.

Hal ini yang menjadi alasan banyaknya wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara datan ke Raja Ampat. Mereka ingin mengeksplorasi pemandangan bawah laut milik Papua ini. Keindahannya begitu terkenal hampir ke seluruh dunia. Mereka akan mencoba berpetualang dibawah laut dengan diving maupun snorkling. Biasanya, penyelam akan bergabung dengan tur wisata dan tinggal di resor penyelam selama mengunjungi Pulau Raja Ampat. Untuk mengakses tempat-tempat penyelaman ini disarankan KFC Lovers menghubungi agen perjalanan wisata yang dapat ditemukan di Sorong.
 
Jalur transportasi yang digunakan untuk sampai ke Raja Ampat ini memiliki beberapa alternatif. Jika KFC Lovers berangkat dari Jakarta, perjalanannya akan memakan waktu 6 jam penerbangan dari Sorong dan berhenti di Manado. Atau alternatif lainnya yaitu mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana. Penerbangan menuju Sorong dilayani beberapa maskapai nasional sedangkan dari Sorong ke Raja Ampat hanya dengan Susi Air kapasitas 14 orang. Penyebrangan Sorong menuju Waisai pulang pergi akan dilayani Kapal Perintis dan Kapal Wisata serta Kapal ASDP dengan rute Sorong-Saonek dan Waisai. 
 
Alternatif lainnya menuju Raja Ampat adalah menggunakan feri yang berangkat setiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri berangkat dari Sorong pukul 13.00, perjalanan dari Sorong ke Waisai memakan waktu sekira 1,5 sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai pukul 11.00. Di Sorong juga tersedia speedboat yang dapat disewakan apabila ingin berkeliling.