KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Tips Praktis Membeli Mobil Bekas |

 
link.png Tips Praktis Membeli Mobil Bekas

Namun membeli mobil bekas harus teliti karena bila kita salah pilih bukan tidak mungkin mobil tersebut justru membutuhkan biaya yang sangat besar untuk diperbaiki. Bagi KFC otomotif yang saat ini berencana membeli mobil bekas, berikut ini adalah sedikit informasi otomotif mengenai tips bagaimana memilih saat membeli mobil bekas.
 
1. Tempat Membeli Mobil Bekas
Pastikan kalian membeli di tempat yang terpercaya misalnya dealer mobil terpercaya atau tempat yang direkomendasikan oleh banyak orang.

2. Harga Mobil Bekas
Membeli mobil bekas merupakan solusi mendapatkan mobil dengan harga terjangkau dan layak untuk dipakai, akan tetapi jangan mudah tergiur oleh harga murah, apalagi bila harga mobil tidak wajar sebab mungkin saja ada sesuatu dengan mobil tersebut.

3. Kemampuan Keuangan
Saat Anda hendak membeli mobil bekas tentukan jenis kendaraan yang anda butuhkan dan carilah informasi sebanyak mungkin tentang mobil tersebut bisa melalui koran, internet atau dari teman yang anda percaya.

4. Kondisi Mobil
Periksa kondisi mobil dan cek riwayat perawatannya hal ini bisa dilihat dari buku service kendaraan, jangan terlalu percaya pada kilometer yang terpampang di speedometer sebab data di speedometer bisa di manipulasi dengan mudah sehingga terlihat nilainya menjadi kecil.

5. Cek Bodi dan Casis Mobil
Seringkali penjual menyembunyikan riwayat dari mobil terutama jika mobil tersebut bekas tabrakan, bodi mulus tidak menjamin bahwa mobil itu bukan bekas tabrakan, untuk mengetahui hal ini kalian bisa membuka kap mesin periksa sudut – sudutnya cek apakah terlihat bekas kalau pernah tabrakan, selain itu juga cobalah raba sudut – sudut kendaraan bila terasa permukaan catnya berbeda kemungkinan itu bekas tabrakan.

6. Cek Kelistrikan Mobil
Periksa dengan teliti apakah lampu kendaraan semuanya menyala dengan baik, AC mobil, tape dan CD apakah bisa berfungsi dengan baik.

7. Cek kepemilikan Mobil
Cek di BPKB mengenai riwayat kepemilikan mobil dan alamat pemilik sebelumnya, bila pemilik sebelumnya berlokasi di dekat laut kemungkinan karatnya cukup besar, cek mengenai keabsahan STNK dan BPKB ke Direksorat Lalu Lintas agar terhindar dari tindak penipuan.

8. Test Drive
Untuk mengetahui kondisi keseluruhan mobil apakah berfungsi dengan baik cobalah bawa mobil itu melaju di berbagai tipe jalan, sehingga bisa diketahui kondisi rem, gas, lampu utama, lampu sein, central lock, wiper dll. kendarai dengan berbagai variasi kecepatan sehingga bisa diketahui apakah disetiap pergantian gigi terasa lembut dan stabil.

9. Asuransi
Apakah mobil tersebut masih ada jaminan asuransinya? Bila masih ada jaminannya, cek pakah jenis asuransinya all risk ataukah total lost only, jika belum ada jaminan asuransi sebaiknya anda persiapkan dana tambahan untuk memperoleh jaminan asuransi.