KFC COMMUNITY

 
Belum jadi member
KFC Community?

LATEST ARTICLE

 

POPULAR ARTICLE

 

AGENDA EVENTS

 
Lihat jadwal selengkapnya di sini

Tips Memilih Helm Sepeda |

 
link.png Tips Memilih Helm Sepeda

A.  Pilih Jenis Helm yang Sesuai Dengan Aktivitas Bersepeda.
Jenis sepeda saat ini beragam – misalnya Roadbike, Mountainbike, maupun yang lebih extreme dan membutuhkan proteksi lebih seperti BMX, Freeride dan downhill. Terkait hal ini, rancangan desain helm untuk tiap jenis aktivitas bersepedapun berbeda. Pengguna roadbike, lebih cenderung memilih helm yang ringan dan berbentuk aerodinamis,di mana berat total dari sepeda dan asesorisnya diusahakan seringan mungkin.  Sementara untuk aktivitas Mountainbike lebih mengedepankan helm yang bisa melindungi kepala dari benturan terhadap benda-benda natural sepanjang perjalanan, misal: ranting pohon, bebatuan sepanjang trek dsb. Pilih yang ada visornya untuk melindungi mata anda dari silaunya sinar matahari ataupun benda-benda kecil yang dapat setiap waktu bisa ‘membentur’ bagian kepala dan wajah. Sebuah helm full-face dibutuhkan bagi cyclist dengan aktivitas yang lebih extreme, misal jenis bersepeda freeride, dirtjump, downhill. Ada fungsi tambahan pada jenis helm sepeda full face, terkait fungsi melindungi cedera di area dagu jika kalian terjatuh cukup serius.

B.  Pilih Ukuran yang Cocok
Walaupun Helm yang tersedia di pasar saat ini dijual dalam beragam ukuran dan dilengkapi dengan strap yang adjustable, namun mengukur helm yang paling benar adalah datang langsung ke tokonya. Ukurlah keliling kepala kalian karena lingkar terbesar berada 2cm di atas alis. Helm harus terpakai pas di kepala tapi tidak terlalu kencang hingga membuat kepala pening. Kalau sudah mendapatkan ukuran yang pas, coba geser helm ke kiri kanan Jika bergeser terlalu banyak, kencangkan sizing ringnya yang biasanya berada di helm bagian belakang. Coba geser ke depan dan belakang, jika bergeser terlalu banyak, lakukan adjustment di chinstrapnya. Jika strap masih terlalu panjang tapi sudah mencapai adjustment maksimalnya, cobalah helm yang ukurannya lebih kecil.

C.  Perhatikan Aspek Gaya
Aspek gaya yang dimaksud, semisal memilih warna helm yang matching dengan warna frame sepeda.  baku helm juga perlu diperhatikan. Cek saat pembelian apakah helm benar-benar kuat dan mampu melindungi kepala kalian. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada penjual untuk kehandalan helm tersebut.

D.   Jangan Pernah Membeli Helm Bekas
Kemampuan Foam dalam meredam benturan lama kelamaan menurun seiring waktu dan juga akan terdeformasi jika sudah pernah terbentur. Jangan pernah beli helm bekas walaupun tampilan casing luarnya masih bersih dan mengkilat. Kalian tidak pernah tahu apa yang sudah pernah terjadi, dan ingat bahwa helm sepeda ini juga punya masa kadaluarsa lho!

E. Pastikan Helm yang Sobat Pakai Bersertifikasi
Nah, yang terakhir adalah pastikan helm ini memiliki sertifikat CE/Snell/CPSC (Consumer Product Safety Commision). Jika tidak ada label standar keamanan, jangan gunakan helm tersebut.

G. Harga
Disamping ukuran yang harus pas dan nyaman, helm sepeda juga harus pas diharga.  Belilah sepeda ini sesuai dengan budget yang dimiliki.